Ingat Bunaken, Ingat Perjalanan Wisata yang Keren

Dermaga pulau Bunaken

Siapa yang tak kenal dengan Bunaken, sebuah pulau yang terletak di utara pulau Sulawesi dan merupakan bagian dari kota Manado, ibukota provinsi Sulawesi Utara. Pulau yang menawarkan keindahan bawah laut yang menawan, pulau yang menjadi tujuan wisata paling eksotik bagi wisatawan asing dan domestik, pulau yang wajib anda kunjungi jika berkunjung ke kota Manado. Setahun yang lalu saya pernah ke pulau Bunaken dalam rangka perjalanan wisata dengan rute Gorontalo – Manado, masih terngiang jelas debur ombak yang menggema di pesisir pulau, ketika saya bersnorkeling nampak jelas beragam jenis ikan hilir-mudik dan bersembunyi di balik terumbu karang, dan masih banyak lagi pengalaman menarik yang ingin saya gali dari bilik ingatan ketika menjejakkan kaki di pulau seluas 75.265 hektare.

Setelah menempuh sembilan jam perjalanan darat yang menguras energi, akhirnya saya dan rombongan tiba di provinsi Manado. Kota yang ramai dengan gemerlap lampu yang menghias gedung dan taman kota, padatnya kendaraan membuat kemacetan di sepanjang jalan protokol, kota yang sudah menjadi kota metropolitan dengan perkembangan ekonomi dan bisnis yang begitu pesat, itulah Kota Manado. Saya dan rombongan tiba jam delapan malam, setelah bersantap malam di sebuah restoran sederhana, saya beserta rombongan bergegas menuju penginapan untuk beristirahat untuk mempersiapkan agenda selanjutnya dalam tour Gorontalo – Manado, Yakni ke pulau Bunaken.

Butuh waktu sekitar tiga puluh menit untuk sampai di dermaga pulau Bunaken bila berangkat dari pelabuhan Manado, lumayan bisa tidur dan mimpi ketemu Julia Perez..hehe. Mendekati pulau Bunaken, sudah nampak keindahan bawah laut yang sangat luar biasa memesona. Air laut yang jernih, beragam jenis ikan, terumbu karang dan koral laut terlihat sangat jelas dari atas permukaan laut. Perahu yang saya tumpangi sengaja berhenti tak jauh dari dermaga, di dalam perahu para wisatawan bisa menyaksikan pemandangan bawah laut melalui kotak kaca yang ditenggelamkan oleh awak perahu atau biasa disebut glass bottom boat, ikan dengan beragam corak dan warna hilir mudik ataupun bersembunyi di balik terumbu karang, seperti melihat aquarium raksasa.

glass bottom boat

Perahu pun bersandar di dermaga Pulau Bunaken, saya dan rombongan menyusuri jalan di dermaga yang pijakannya terbuat dari semen dan tiang penyangganya dari kayu sambil mengabadikan gambar dengan foto dan video. Sebelum memasuki kawasan pulau, pengunjung diwajibkan membayar retribusi Rp 2500 per orang. Di kawasan Pulau yang cukup luas itu sudah ramai oleh wisatawan lokal yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama teman dan keluarga, tapi sangat disayangkan kebersihan pulau itu tidak terjaga. Di tepi pantai masih banyak saya temukan sampah dan sisa-sisa makanan para pengunjung yang tentu saja akan mengurangi keindahan dan mengusik kenyamanan wisatawan. Saya pun melihat sampah-sampah itu terbawa hingga ke pesisir laut, tentu ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah daerah setempat agar merawat dan menjaga kelestarian alam pulau ini, jangan sampai keindahan pulau Bunaken memudar bahkan rusak oleh tangan-tangan orang yang tak bertanggung jawab. Terlalu..!

Welcome to Bunaken island
Silahkan dipilih-dipilih

Di area pulau terdapat pedagang suvenir dan pernak-pernik khas Bunaken. Jadi bagi anda yang ingin membeli oleh-oleh atau cendera mata buat teman dan keluarga di rumah, anda bisa berkeliling menyusuri pulau yang dipenuhi oleh beraneka ragam jenis dagangan. Nah, tidak lengkap rasanya ke pulau Bunaken tanpa merasakan langsung keindahan bawah lautnya yang eksotik. Bagi wisatawan yang ingin diving atau snorkeling, pulau ini menyediakan jasa penyewaan alat diving dan perlengkapan snorkeling. Harga sewa peralatan snorkeling mulai dari Rp 150 ribu per orang per hari, dengan Rp 150 ribu anda akan mendapatkan masker, kaki katak, dan wetsuit. Untuk peralatan diving biaya sewanya mulai dari Rp 1 juta termasuk peralatan dan guide, anda juga akan mendapatkan sertifikat dan bisa menikmati panorama laut yang sangat memanjakan mata.

Snorkeling di pulau Bunaken
Menyelam bersama ikan-ikan
Cheerrrss,, narsis dulu dalam air

Pulau Bunaken merupakan salah satu tempat wisata terpopuler di Indonesia bahkan di dunia. Tanah air tercinta kita mempunyai segudang tempat wisata yang tersebar di seluruh penjuru daerah yang harus kita jaga kelestariannya. Tempat-tempat wisata tersebut merupakan daya tarik bagi wisatawan asing untuk datang ke Indonesia dan bagi watawan lokal bisa menjadi alternative liburan, menikmati hidup bersama keluarga tentu saja jika tempat-tempat wisata tersebut menawarkan tidak saja keindahan dan keunikan tapi juga kebersihan yang wajib dijaga oleh seluruh warga. Semoga kita tetap peduli dengan kebersihan tempat-tempat wisata yang kita kunjungi karena siapa lagi yang peduli kalau bukan kita yang melestarikannya.

Jurnal ini ditulis dalam rangka mengikuti Kompetisi Menulis Jurnal Perjalanan dari Tiket.com dan nulisbuku.com #MenikmatiHidup #TiketBaliGratis

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE