Indosat, Teruslah Berbenah

Saya cukup sering mengulas tentang operator seluler tanah air, baik itu produknya, kekuatan sinyalnya, atau harga paket internetnya.

Indosat jadi salah satu operator yang sebelumnya jarang bahkan kurang saya rekomendasikan, mengingat pengalaman saya yang sebelumnya menggunakan operator kuning justru sering membuat saya naik darah. Jaringan yang lelet, harga paket mahal, dan kabarnya pulsa sering tiba-tiba hilang. Dulu memang Indosat lewat produk IM3 yang menyasar kalangan muda punya layanan yang cukup menarik, meski memang di tempat saya nama Indosat kalah pamor dibanding Telkomsel, XL, bahkan Three (3).

Tapi itu dulu, kini Indosat perlahan mulai berbenah. Di mulai dari kualitas jaringan yang sekarang lebih baik, tawaran paket internet yang lebih murah, namun sayang keluhan pengguna seputar pulsa yang tiba-tiba gaib sepertinya masih sering terjadi.

Jaringan 4G Lebih Luas dan Stabil

Salah satu syarat layanan seluler terbaik menurut saya adalah yang kualitas jaringannya tetap prima meski berada di dalam ruangan. Dulu saya menjauhi Indosat karena kualitas internetnya yang tiba-tiba drop saat berada di dalam ruangan. Saat operator lain mampu menangkap jaringan 4G di dalam rumah, Indosat hanya mentok di jaringan 3G.

Tapi itu dulu. Sekarang selama menggunakan kartu IM3 saya cukup puas dengan kualitas jaringannya yang kini bisa 4G saat berada di dalam rumah dan performa internetnya pun cukup bisa diandalkan meski sinyalnya hanya dua bar, tapi itu sudah cukup nyaman diajak bermedia sosial, putar Youtube, dan browsing.

Untuk harga kuota internet, kartu IM3 yang saya gunakan punya beragam paket internet yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Saya pernah merasakan kuota internet 30GB yang dibagi untuk full time internet 9GB, untuk jaringan 4G sebesar 5GB, dan untuk kuota malam 16GB yang bisa habis saya gunakan selama 30 hari.

Ada juga paket unlimited dengan bonus kuota yang bervariasi mulai dari 1GB hingga 15GB, namun tentu saja paket tersebut bukan real unlimited. Ada batas pemakaian wajar yang diberikan oleh Indosat agar layanan internet untuk pengguna lain tetap terjaga.

Pulsa Masih Gaib

Selama menggunakan kartu IM3 ternyata saya juga mengalami pulsa yang tiba-tiba hilang, padahal paket internet dan telepon saya masih ada. Saya juga tidak merasa berlangganan konten sms berbayar yang bisa menyedot pulsa.

Pengaduan saya via Twitter tentang pulsa yang lenyap pun ditanggapai kurang responsif oleh akun resmi Indosat dan memang sepertinya akun Indosat tersebut kurang aktif jika dibandingkan dengan akun-akun media sosial operator lain. Jadi, keluhan saya pun menguap begitu saja. Meski saya hanya kehilangan pulsa Rp 1.670 namun jika terus berulang tentu akan merugikan.

Dan satu lagi, saat saya ingin berhenti paket internet. Pulsa saya tiba-tiba terpotong Rp 10.000 jumlah yang cukup besar untuk sekadar berhenti berlangganan paket internet yang sebelumnya saya gunakan.

Setelah saya adukan keluhan saya itu, pihak Indosat mengatakan jika saya dikenakan tarif internet perKB saat melakukan unreg paket dan pastikan menurunkan jaringan menjadi 2G/3G, serta tidak dalam keadaan 4G aktif agar tidak terjadi pemotongan pulsa. Padahal saat saya mengakses penghentian layanan tersebut, saya terkoneksi via wifi bukan data seluler smartphone.


Usaha Indosat yang kini bernama Indosat Ooredoo untuk bersaing di industri penyedia jasa telekomunikasi tanah air sudah cukup menampakkan hasil. Peningkatan kualitas jaringan yang lebih baik, harga paket internet yang terjangkau, dan banyaknya pilihan layanan internet yang bisa digunakan oleh pengguna jadi nilai positif bagi operator kuning tersebut.

Namun kepuasan pelanggan tak hanya diukur oleh faktor-faktor tersebut, ada layanan purna jual yakni menanggapi serta memberi solusi dari permasalahan yang dialami oleh konsumen jadi hal krusial yang harus ditingkatkan oleh Indosat. Jika keluhan pengguna tak ditanggapi dengan cepat tentu kepercayaan terhadap produk yang dipakai akan ikut menurun. Jadi sebaiknya Indosat teruslah berbenah, kamu pasti bisa bersaing dengan operator-operator lain dengan keunggulan yang kamu miliki sendiri.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE