Ibu, Manusia Super Sejak Dulu

Jpeg

Welcome boy

Sekarang tepat sebulan usia sang jagoan, Evan Chandra Laksono. Melengkapi kebahagiaan keluarga kecil saya bersama istri tercinta. Masih terngiang kepanikan sebulan yang lalu 22/11/2015 saat detik-detik kelahiran sang jagoan yang awalnya dokter membolehkan persalinan melalui proses normal, namun berat sang bayi tak memungkinkan maka dokter berinisiatif untuk melakukan operasi cesar.

Rasa cemas dan gelisah campur aduk membayangi kelahiran buah hati pertama yang diprediksi laki-laki. Sekitar satu jam lebih akhirnya bayi mungil dengan berat 3,9 kg lahir ke dunia. Seluruh keluarga mengucap syukur atas kelahiran sang bayi dengan selamat dan proses operasinya pun berjalan lancar. Pertama kali saya menggendong Evan dan mengadzaninya ada rasa canggung dan tak percaya jika bayi lucu dan menggemaskan itu kini nyata di depan mata, akhirnya saya resmi menjadi ayah.

Mendampingi istri saat persalinan menjadi pengalaman berharga buat saya, perjuangan istri melewati fase kehamilan hingga tiba saatnya kelahiran merupakan sebuah moment yang menunjukkan bahwa wanita itu adalah manusia terkuat yang diciptakan Allah SWT. Tak hanya sampai saat kelahiran. Merawat dan membesarkan sang buah hati pun menggambarkan betapa perkasanya seorang wanita. Jatah tidur harus berkurang, aktivitas menjadi terbatas, bahkan seorang istri harus mengabaikan penampilan karena kesibukan mengurus si jabang bayi.

Hari ini 22/12/2015 bertepatan dengan hari ibu, meski ungkapan rasa sayang ibu tak hanya tercurah di hari ini namun menyediakan waktu khusus untuk berbagi kebahagiaan bersama ibu tercinta bukanlah hal yang salah. Mungkin kesibukan membuat anggota keluarga lain tak punya waktu untuk sekadar memuji masakan ibu, mungkin saja rutinitas membuat sang anak tak sempat mengucap terima kasih atas segala perhatian yang ibu berikan selama ini, mungkin kita sebagai anak bahkan lebih sering melihat kening ibu berkerut dibanding membuat bibirnya tersenyum.

Sebelum anak-anak zaman sekarang mengenal beragam super hero yang menghias layar kaca, sebelum mereka terbuai dengan alur cerita tokoh pahlawan dengan kekuatan super yang seolah tak bisa terkalahkan itu, mungkin mereka tak menyadari jika sosok manusia perkasa yang sesungguhnya ada pada diri seorang ibu. Kaum lelaki patut menyadari jika wanita yang bernama ibu itu adalah sosok yang kuat dan memang seharusnya lelaki sadar jika kekuatan seorang ibu melebihi keperkasaan laki-laki.

Secara kasatmata laki-laki mampu menunjukkan kekuatannya dengan fisik namun seorang ibu bisa menunjukkan bahwa kekuatan dan keperkasaan itu tak hanya tampak dari fisik, ada kesabaran, keuletan, dan ketegaran yang diperlihatkan seorang ibu dalam menjaga, melahirkan dan membesarkan anak-anaknya. Surga ada di bawah telapak kaki ibu, tak ada yang membantahnya, tak ada yang bisa menggantikan perannya, dan tak ada yang mampu memikul tanggung jawab yang diembannya selain manusia yang bernama ibu. Selamat Hari IBU.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE