Hidup Hemat Dengan 3 Hal

Hidup hemat merupakan cara yang tepat untuk menjaga kondisi keuangan agar tetap stabil, terutama saat memasuki akhir bulan. Memenuhi kebutuhan hidup dan bisa berhemat hingga satu juta rupiah per bulan tentu bukan hal yang mudah, namun dengan tips hemat berikut ini anda bisa mengatur keuangan dengan terencana dan membuat keadaan ekonomi ada semakin membaik ke depannya.

1. Membatasi Makan Di Luar Rumah

Makan di luar rumah kadang sudah menjadi rutinitas yang tak bisa dihindari, terlebih lagi bagi anda yang tinggal di kota-kota besar dan memiliki ragam kuliner nun menggoda. Bahkan dalam hitungan beberapa bulan saja sudah banyak rumah makan baru, restoran baru, atau kafe-kafe baru yang menawarkan sajian menu makanan unik dan tentu saja sangat memanjakan lidah para pencinta kuliner.

Di kalangan anak zaman now makan di luar itu sudah menjadi gaya hidup meski dengan pendapatan atau gaji yang belum seberapa, remaja-remaja sekarang kadang tetap memaksakan diri untuk makan di restoran mahal agar terlihat lebih gaul dan kekinian.

Bagi anda yang berpenghasilan pas-pasan, sebaiknya cukup sekali saja makan di luar rumah. Jadikan hal tersebut sebagai reward atau penghargaan pada diri sendiri atas kerja keras anda selama ini. Makanlah di restoran yang tak terlalu mahal atau sesuai dengan budget anda, seperti sushi atau steak yang kini sudah banyak tersedia dengan harga yang ekonomis.

Untuk sekali makan sushi dan steak anda bisa menghabiskan ratusan ribu mengingat bahan dasar kedua makanan tersebut terbuat dari daging, sayuran, nasi, dan beragam jenis makanan laut pilihan. Jadi wajar jika sushi  dan steak dibanderol dengan harga cukup tinggi, apalagi jika menikmati kedua makanan tersebut dilakukan tidak hanya sekali tentu akan membuat dompet cepat tipis. Sekali makan sushi dan steak kira-kira perinciannya seperti ini.

Makan sushi: Rp 200.000,00
Kue mochi matcha green tea: Rp 40.000,00
Milk tea: Rp 60.000,00
Steak: Rp 200.000,00

Total: Rp 500.000,00

Coba anda jumlahkan empat minggu, jadi dalam sebulan anda akan menghabiskan 2 juta rupiah hanya untuk makan saja. Dengan mengurangi kebiasaan seperti ini dan cukup makan sushi dan steak sekali dalam sebulan, anda bisa berhemat hingga 1,5 juta rupiah.

2. Tips Untuk Anda yang Bekerja Hingga Malam

Memilih fasilitas dan lokasi tempat tinggal yang tepat bisa menjadi cara berhemat selanjutnya. Untuk anda yang sering bekerja hingga larut malam tentu sebaiknya memilih lokasi tempat tinggal yang dekat dengan lokasi anda bekerja. Tak perlu was-was ketika pulang kerja, mengurangi pengeluaran untuk transportasi, dan kelebihan biaya tersebut bisa dialihkan kekebutuhan lain yang lebih penting. Itulah beberapa keuntungan yang diperoleh jika tempat tinggal anda dekat dengan lokasi kerja.

Namun menemukan tempat tinggal yang strategis dan punya fasilitas yang memuaskan tentu bukan perkara mudah, terlebih lagi bagi anda yang terbiasa indekos dengan fasilitas mewah. Sekarang harga per kamar kos ber-AC dengan fasilitas mewah dihargai sekitar Rp 750.000 hingga Rp 2.500.000 setiap bulannya. Harga tersebut tentu tergantung pada lokasi yang anda pilih.

Untuk mengurangi pengeluaran membayar kos sebaiknya anda pertimbangkan untuk pindah dari kos ber-AC atau mewah ke tempat kos yang biasa saja. Asalkan masih terjangkau dengan lokasi kerja anda dan yang pasti biaya transportasi juga akan lebih hemat.

3. Kurangi Belanja Online

Era internet seperti saat ini membuat aktivitas belanja online jadi semakin mudah, ditambah lagi banyaknya promo-promo serta beragamnya produk-produk model terbaru yang ditawarkan oleh toko-toko online membuat keinginan untuk belanja semakin sulit dibendung. Memang banyak kemudahan yang ditawarkan saat berbelanja secara online.

Beberapa di antaranya anda tak perlu berjalan jauh menembus kemacetan, membelah banjir saat musim hujan, atau menjemur diri di tengah panas terik matahari ketika musim kemarau tiba untuk sampai di toko tertentu. Tak perlu juga menghabiskan waktu seharian hanya untuk berkeliling ke tempat-tempat perbelanjaan mencari segala kebutuhan anda.

Cukup dengan perangkat smartphone yang terkoneksi dengan internet maka anda sudah bisa mengunjungi banyak toko-toko online yang menjajakan beragam kebutuhan. Kemudahan memilih barang hingga kenyamana bertransaksi kadang membuat orang lupa diri, membeli produk yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Hal tersebut yang membuat orang sulit berhemat. Jadi sebaiknya kurangi aktivitas belanja online, beli produk yang memang betul-betul anda butuhkan.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE