Hari Pelanggan, Sudahkan Merasa Nyaman?

(Sumber : http://eriantosimalango.files.wordpress.com/2014/05/perilaku-konsumen-bisnis-online.jpg)

04 September diperingati sebagai Hari Pelanggan Nasional, sudah merasa nyamankah anda sebagai pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan oleh penyedia jasa atau produk? Jawabannya pasti beragam. Saya pun beberapa kali mengalami kejadian kurang menyenangkan ketika memanfaatkan layanan jasa atau menggunakan suatu produk namun selama hal itu masih dalam batas kewajaran dan perusahaan penyedia jasa atau produk tersebut menyadari kekurangannya serta mau berbenah demi kenyamanan pelanggan, saya rasa itu bukan suatu masalah. Namun tak bisa dipungkiri, masih banyak kasus yang dialami oleh pelanggan akibat dari pelayanan jasa atau kualitas produk yang jauh dari kata memuaskan dan saat pelanggan mengajukan komplain atas ketidaknyamanan itu, perusahaan seolah bersikap tak peduli bahkan sampai lepas tanggung jawab. Hal itu tentu merugikan pelanggan dan memberi cintra buruk bagi perusahaan.

Setiap pelanggan menginginkan pelayanan yang terbaik dari perusahaan penyedia jasa atau produk, itu merupakan bentuk tanggung jawab pada pelanggan yang telah memilih dan menggunakan jasa atau produk tersebut. Para pelanggan, khususnya pelanggan yang loyal cukup maklum jika dikemudian hari terdapat ketidaknyamanan pada layanan jasa atau ada masalah ketika menggunakan produk yang mereka tawarkan. Rasa kecewa itu bisa diatasi jika ada itikad baik dari perusahaan untuk segera melakukan perbaikan layanan atau mengganti dengan produk yang baru jika terdapat kerusakan, tapi masih banyak perusahaan yang enggan melakukan hal tersebut. Terlebih pada perusahan-perusahaan besar dengan jumlah pelanggan yang banyak, keluhan pelanggan bahkan seperti angin lalu kemudian hilang ditelan waktu tanpa ada solusi jitu.

Saya pernah kecewa dengan kualitas jaringan salah satu operator terbesar di tanah air bahkan dirugikan secara materi, solusi yang diberikannya pun tak sesuai dengan harapan saya. Ada banyak kasus-kasus seperti saya yang dialami oleh pelanggan lain namun perusahaan seolah menutup mata, para pelanggan yang terlanjur loyal tak punya pilihan selain mengikuti kebijakan penyedia layanan jasa atau tunduk pada ketentuan yang berlaku di perusahaan tersebut. Padahal pemerintah sudah melindungi pelanggan dengan undang-undang dan mewajibkan perusahaan penyedia jasa atau produk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Semoga di hari Pelanggan Nasional ini memberikan angin segar bagi seluruh pengguna jasa atau produk di tanah air dan kesadaran perusahaan dalam memberikan pelayanan pada pelanggan bisa lebih ditingkatkan.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE