Harapan Blogger di Harblognas

(foto: http://dawaihati.com)

27 Oktober kemarin diperingati sebagai Harblognas atau Hari Blogger Nasional. Wah, para blogger lagi merayakan hari istimewa yang digagas oleh bapak Muh. Nuh kala menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika pada tahun 2007. Peran blogger dalam dunia teknologi dan informasi berbasis internet semakin nyata, banyak komunitas-komunitas blogger yang lahir dari kepedulian mereka pada minat dan bakat dalam dunia kepenulisan.

Mereka berkumpul, berorganisasi dan melakukan ragam kegiatan positif yang merekatkan kebersamaan dan mengeratkan tali silaturahmi meski terpisah jarak dan waktu. Melalui komunitas blogger mereka ikut mengembangkan dan memajukan potensi yang dimiliki suatu daerah dengan aneka ragam budaya, adat istiadat, tempat-tempat wisata dan segala sesuatu yang menjadi ciri khas daerah tersebut ke dalam bentuk tulisan sehingga semakin dikenal oleh banyak orang.

Mereka yang tergabung dalam komunitas blogger berangkat dari kegemaran yang sama, yaitu membaca dan menulis. Keinginan bersosialisasi dengan cara yang berbeda membuat ide kreatif selalu bermunculan agar roda organisasi terus berjalan, setiap blogger pasti punya cita-cita agar karyanya dapat bermanfaat bagi banyak orang dan komunitas blogger merupakan salah satu wadah yang menampung ide-ide kreatif tersebut.

Jadi jangan heran melihat perkembangan komunitas blogger semakin pesat seiring dengan kemajuan teknologi internet yang begitu cepat, meski tak bisa dipungkiri komunitas blogger masih terpusat di kota-kota besar dan belum sepenuhnya menjangkau daerah-daerah pelosok dan terpencil. Hal itu menjadi perhatian pemerintah untuk menghadirkan layanan internet yang merata di seluruh nusantara sehingga di setiap daerah melahirkan komunitas-komunitas blogger yang menjadi identitas mereka.

Di Hari Blogger Nasional ini banyak harapan yang tersemat dalam diri para blogger, khususnya saya yang sudah cukup lama ngeblog dan masih setia menjaga asa untuk tetap menulis meski badai menghadang (haalaaah…lebay).

Saya ingin menyumbang saran agar Hari Blogger Nasional tak hanya diperingati secara seremonial tapi ada aksi nyata yang dilakukan pemerintah untuk memajukan komunitas-komunitas blogger yang ada di tanah air. Seperti, menyediakan layanan akses internet yang cepat dan merata di seluruh penjuru Indonesia. Mengingat aktivitas ngeblog bisa dilakukan di mana saja, entah itu ketika sedang traveling, melakukan perjalanan dinas atau saat menjelajah pegunungan yang tentunya sangat bergantung pada akses internet.

Kementerian Komunikasi dan Informatika yang membidangi pelayanan telekomunikasi dan informasi bagi seluruh masyarakat kini mempunyai nahkoda baru, bapak Rudiantara yang ditunjuk oleh presiden Jokowi untuk menata dan menyelesaikan segala permasalahan teknologi dan informatika yang melanda negeri ini. Seperti, kualitas layanan operator selular yang masih jauh dari harapan masyarakat yang ingin menikmati layanan komunikasi yang prima.

Masih ada daerah-daerah yang belum tersentuh oleh layanan operator selular sehingga akses untuk mendapatkan informasi dan merasakan kemajuan teknologi hanyalah sebuah mimpi, dan masih banyak permasalahan-permasalahan lain yang menjadi pekerjaan rumah bagi bapak Rudiantara. Semoga di Hari Blogger Nasional ini semakin banyak blogger-blogger handal yang bukan saja melahirkan karya fenomenal namun menjadi pelopor bagi kemajuan teknologi dan informasi di Indonesia. Salam Blogger!

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE