Generasi Muda Adalah Pemimpin Masa Depan

Ilustrasi (http://habaget.com)

Bangsa Indonesia tak lama lagi akan mengadakan hajatan besar yaitu, pesta demokrasi untuk memilih pemimpin yang akan membawa bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik untuk lima tahun yang akan datang. Kriteria seorang pemimpin idaman tentu relatif dan setiap orang memiliki acuan tersendiri untuk menentukan sosok pemimpin yang ideal, termasuk anda pastinya sudah punya gambaran sosok pemimpin seperti apa yang anda harapkan untuk memimpin bangsa ini. Menjadi seorang pimimpin apalagi pemimpin dalam suatu negara tentu tak mudah namun bukan berarti tak mungkin untuk diwujudkan, selama kita mau berdoa dan berusaha semaksimal mungkin. Alangkah baiknya jika kita membangun jiwa kepemimpinan kita sejak kita masih muda, menimba ilmu tentang kepemimpinan di mana saja kita berada, entah itu di lingkungan rumah, sekolah, kampus atau tempat kerja.

Jiwa kepemimpinan pada diri seseorang tak muncul secara tiba-tiba seperti sulap, sim salabim..!! Tapi melalui proses yang panjang dan butuh banyak pengorbanan. Dari situlah diri kita ditempa dengan berbagai macam hambatan dan rintangan, bagaimana kita mengatur serta menyatukan persepsi orang-orang yang kita pimpin, merangkul orang-orang yang tak sejalan dengan visi misi kita, dan lain sebagainya. Itulah sebagian dari tanggung jawab seorang pemimpin. Nah, pemuda-pemuda generasi penerus bangsa harus mempersiapkan diri untuk menjadi calon-calon pemimpin di masa depan, buktikan jika generasi muda juga ingin ikut memberi sumbangsih untuk bangsa Indonesia agar lebih maju dan berkembang. Caranya? Dengan giat belajar, memotivasi diri untuk lebih berprestasi mengharumkan nama bangsa diberbagai ajang lomba pendidikan di tingkat nasional maupun internasional.

Seorang pemimpin harus mempunyai wawasan yang luas, pemikiran yang cerdas dan berinisiatif, semua itu bisa diperoleh jika kita mau belajar, belajar apa saja yang bisa menambah ilmu pengetahuan. Selanjutnya, pemuda itu harus selalu berani tampil paling depan, harus menjadi inspirator dan motivator bagi orang lain karena pemuda selalu memiliki ide-ide kreatif yang bisa dijadikan pondasi untuk memajukan bangsa ini. Generasi muda yang kelak menjadi calon pemimpin bangsa tentu mempunyai tanggung jawab untuk membawa Indonesia menjadi lebih baik lagi, jangan ulangi kesalahan-kesalahan pemimpin terdahulu yang membuat bangsa ini kian terpuruk. Buktikan jika generasi muda punya jiwa kepemimpinan yang tak kalah dengan pemimpin-pemimpin terdahulu, buktikan dengan berbagai prestasi, buktikan dengan misi visi, buktikan dengan aksi nyata di lapangan.

Generasi muda adalah pemimpin masa depan, di tangan mereka arah bangsa ini kelak akan ditentukan, apakah semakin maju dan sejahtera atau malah semakin terpuruk dan sengsara. Belajarlah menjadi pemimpin dari bawah, memimpin orang-orang dekat untuk mengasah jiwa kepemimpinan agar lebih bijak dan arif. Jadilah ketua kelas di sekolah, ketua karang taruna di lingkungan tempat tinggal, menjadi penggagas organisasi-organisasi kemasyarakatan untuk memajukan kehidupan dan perekonomian masyarakat dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan untuk mengasah jiwa kepemimpinan agar lebih peka dan tak mudah goyah diterpa badai masalah. Sosok pemimpin yang cerdas, tegas dan berwibawa merupakan modal berharga yang harus dimiliki oleh generasi muda untuk menjadi seorang pimimpin di masa depan, raihlah itu dengan belajar, belajar dan belajar.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE