Filosofi Logo

Logo atau lambang merupakan identitas agar sebuah perusahaan, institusi, atau komunitas dikenal dan diketahui keberadaannya oleh orang lain.

Namun logo juga bisa dimiliki oleh individu sebagai personal branding untuk meningkatkan value, entah itu sebagai penunjang pekerjaan atau hanya sekadar pelengkap agar tampak profesional. Bagi sebagian orang peran logo jadi sesuatu yang krusial, namun buat saya kehadiran logo tak begitu penting khususnya dalam dunia blogging. Isi atau konten dalam blog tersebut jauh lebih penting dibanding logo dalam bentuk huruf atau gambar yang hanya sebatas tanda pengenal saja.

Memang logo bisa menjadi penguat sebuah brand, khususnya blog yang memiliki konten-konten yang berkualitas dan dikunjungi banyak orang. Dengan hanya melihat logo tertentu, orang jadi tahu siapa pemilik blog tersebut atau tema tulisan seperti apa yang ada dalam blog tersebut. Namun tentu itu berawal dari isi atau konten yang bagus dan membuat orang rutin bertamu di blog tersebut, kualitas blog jelas menjadi hal yang utama lalu menyusul kehadiran logo yang jadi pelengkap dan wajib ada.

Kehadiran logo yang tak terlalu penting pada blog membuat saya tak begitu niat membuatnya, yang penting asal ada saja. Desainnya ala kadarnya dan tak memiliki makna tertentu, kalau sudah tak sreg lagi saya bisa dengan mudah menggantinya dengan logo baru. Saya hanya fokus meningkatkan kualitas blog agar lebih baik dari sebelumnya, baik itu dari segi tulisan atau tampilan yang seharusnya mengikuti tren blogging masa kini.

Menurut saya, logo hanyalah sebagai penghias gambar, theme, atau ikon biasa agar tampilan blog terlihat seperti blog-blog pada umumnya. Dan tak ada sesuatu yang janggal saat orang berkunjung ke blog saya, hingga akhirnya mereka sadar bahwa blog saya punya logo yang tak sedap dipandang. Toh, memang logo tersebut dibuat seadanya di aplikasi gratisan yang penggunaannya pun sangat mudah.

Punya logo unik, keren, dan mencerminkan karakter blog sudah menjadi impian saya sejak lama, meski kehadirannya tak begitu mendesak namun perannya tetap ada. Yakni sebagai pembeda dengan blog-blog lain. Maka dari itu, beberapa hari ini saya berusaha mendesainnya sebaik mungkin, meski hasilnya masih belum memuaskan.

Logo bukanlah sekadar huruf, angka, atau gambar. Sebuah logo seharusnya bisa menceritakan banyak hal, entah itu judul sebuah blog, tema tulisan, atau harapan pemilik blog untuk para pembaca. Sebuah logo sebaiknya punya filosofi yang mengisahkan sesuatu dan membuatnya terlihat berbeda dari yang lain. Meski saat ini logo untuk blog saya masih belum memenuhi semua kriteria tersebut namun saya terus berusaha mencari desain logo yang menurut saya sesuai dengan hati.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE