Cloning Layar Zenfone Jadi Lebih Besar Dengan PC Link

Jpeg

Tampilan PC Link via laptop 13 inci

Perkembangan teknologi khususnya di lini smartphone kini semakin memanjakan penggunanya, keterbatasan ruang dan waktu tak lagi menjadi penghalang bagi pengguna yang mobile sehingga bisa tetap menjalankan aktivitas kesehariannya. Salah satu fitur pada sebuah smartphone yang menurut saya sangat membantu ketika ingin mengubah tampilan layar smarphone menjadi lebih besar yakni dengan mengkloningnya, atau menggandakan layar ke perangkat yang lebih luas seperti ke monitor LCD atau laptop bahkan proyektor.

PC Link merupakan salah satu fitur bawaan smartphone ASUS yang tersemat pada semua lini Zenfone dan Zenpad, dengan fitur tersebut pengguna bisa menikmati tampilan layar yang lebih luas namun tetap bisa menjalankan semua fungsi pada sebuah perangkat smartphone. Saya lebih senang menggunakan PC Link untuk mengetik artikel dengan lebih cepat karena memanfaatkan keyboard laptop dan tentu saja pengalaman bermain game terbaru tanpa perlu ribet menginstal game serupa di komputer PC atau laptop.

Proses pemasangannya pun cukup mudah, tinggal sambungkan kabel USB dari PC atau laptop ke smartphone ASUS. Saya menggunakan Zenfone Selfie jadi tinggal gunakan kabel USB yang juga berfungsi sebagai kabel charger. Setelah disambung, langsung saja instal CD Drive ASUS ZenUI PC Suit yang sudah tersedia pada drive H atau drive E sesuai dengan media storage pada komputer PC atau laptop anda.

Ada tiga aplikasi pilihan yang siap untuk diinstal, pertama PC Link yakni fitur penggandaan layar, kedua Share Link yakni cara mudah mentransfer beragam file seperti foto, video, musik, dan dokumen lainnya dari smartphone ASUS ke PC dan sebaliknya, fitur ketiga ASUS Smart Gesture yakni menjadikan smartphone ASUS sebagai remote untuk mengontrol PC atau laptop dari jarak jauh secara wireless. Saya memilih instal ketiga-tiganya namun lebih suka aplikasi PC Link yang memberi pengalaman baru dalam menikmati fitur-fitur smartphone di layar yang lebih besar.

Setelah terinstal dengan sempurna saatnya menjalankan aplikasi PC Link, klik shortcut PC Link kemudian sambungkan kabel USB ke smartphone hingga perangkat terdeteksi di layar monitor. Secara otomatis tampilan layar smartphone seketika akan muncul di layar monitor atau laptop, saat saya ingin mengetik artikel tentu lebih nyaman menggunakan laptop yang terkoneksi dengan jaringan internet via wifi, namun saat tak ada akses wifi maka saya bisa browsing memanfaatkan PC Link sebagai alternatif.

Tinggal jalankan PC Link, masuk ke browser lalu login ke blog, setelah itu saya bisa mengetik dengan leluasa dengan keyboard laptop. Tak hanya itu, saya pun bisa membalas BBM, chatting via LINE atau aplikasi messenger lainnya langsung dari laptop. Dan yang paling keren ketika saya ingin bermain game balap semisal Aspalt 8 atau game strategi seperti Counter strike tentu lebih puas di layar yang lebih besar meski kualitas gambar juga berpengaruh pada spesifikasi monitor LCD atau laptop anda.

Jpeg

Bermain Game Aspalt 8 makin seru dengan PC Link

*****

ASUS memiliki beragam aplikasi bawaan yang sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin memaksimalkan berbagai fitur smartphonenya, salah satunya PC Link yang sangat membantu mengerjakan tugas kantor seperti mengetik email dengan cepat atau melakukan presentasi dengan klien tanpa perlu direpotkan dengan membawa proyektor kemana-mana. Cukup menyiapkan perangkat laptop dan smartphone Zenfone atau Zenpad.

Untuk hiburan, PC Link juga bisa digunakan untuk menonton Youtube atau siaran video streaming andai di tempat anda berada tak ter-cover signal wifi atau perangkat mifi portable yang bisa mengkoneksikan laptop dengan akses internet. Cukup jalankan aplikasi PC Link, pairingkan laptop dan smartphone Zenfone yang terkoneksi dengan internet maka menonton film secara online, atau memutar video secara streaming jadi lebih nyaman di layar lebar laptop atau monitor LCD. Selamat mencoba.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE