Cara Menggunakan ASUS PC Link di Zenfone 3

eksis25002

Entah kenapa tiba-tiba saya ingin mencoba fitur ASUS PC Link di Zenfone 3 yang ternyata menggunakannya tak semudah di Zenfone generasi sebelumnya.

Saya pernah berbagi pengalaman tentang fitur unik yang ada di smartphone Asus terdahulu, namanya ASUS PC Link. Tulisannya bisa dibaca di sini “Cloning Layar Zenfone jadi Lebih Besar Dengan PC Link” yang saat itu saya menggunakan Zenfone Selfie sebagai perangkat untuk menghubungkan ponsel dengan laptop agar tampilan layarnya jadi lebih besar.

Di Zenfone 3 ternyata penggunaan fitur tersebut tak semudah Zenfone Selfie yang tinggal jalankan aplikasi lalu plug and play, saya baru menyadarinya ketika ingin menggunakan ASUS PC Link di Zenfone 3 ZE520KL yang tentu saja merupakan smartphone terbaru dari generasi Zenfone saat ini. Padahal saya berharap di Zenfone 3 fitur tersebut bisa tetap dengan mudah dijalankan seperti pendahulunya, namun bagi anda pengguna Zenfone 3 tak perlu khawatir, dengan beberapa langkah mudah ASUS PC Link bisa digunakan.

Seperti biasa saat ingin menggunakan ASUS PC Link saya menjalankan aplikasi tersebut di laptop, karena untuk menghubungkan smartphone dan laptop aplikasi tersebut harus ter-install di kedua perangkat. Dan anehnya saya tidak menemukan aplikasi ASUS PC Link di Zenfone 3 yang seharusnya menjadi aplikasi bawaan seperti di Zenfone Selfie, awalnya saya mengira aplikasi tersebut terselip atau sembunyi di antara folder. Tapi ternyata aplikasi tersebut memang tidak ada.

Saya pun mencarinya di Play Store hasilnya nihil, yang ada hanya aplikasi sejenis namun beda fungsi seperti Share Link dan Remote Link. Terpaksa saya meng-install ASUS PC Link dari pihak ketiga yang sebenarnya sangat riskan terhadap bug atau virus yang bisa saja mengganggu kinerja smartphone, tapi karena rasa penasaran saya pun menganggapnya sebagai risiko dari kenekatan.

Setelah ASUS PC Link terpasang di Zenfone 3, saya lalu menghubungkan ponsel dan laptop via kabel USB. Sebenarnya ada dua cara untuk menyinkronkan smartphone dengan laptop atau komputer, bisa via kabel USB dan wifi. Namun menurut saya agar lebih stabil dan tidak ribet, saya memilih kabel USB. Kemudian jalankan aplikasi ASUS PC Link yang ada di laptop, setelah perangkat smartphone terdeteksi di aplikasi tersebut lalu jalankan ASUS PC Link di smartphone.

Saat pertama kali ASUS PC Link dijalankan di smartphone maka akan muncul notifikasi agar pengguna terlebih dahulu mengaktifkan USB debungging, fungsinya agar tampilan layar smartphone bisa muncul di laptop. Hasilnya tampilan layar 5.2 inci Zenfone 3 bisa dicloning ke laptop bahkan bisa diperbesar hingga seukuran layar laptop, menikmati konten video atau bermain game tentu lebih menyenangkan.

P_20170117_153814_vHDR_Auto

Tampilan ASUS PC Link di Zenfone 3

*****

Hilangnya ASUS PC Link di Zenfone 3 cukup membuat saya kaget, padahal aplikasi tersebut merupakan aplikasi favorit saya saat masih menggunakan Zenfone Selfie. Mungkin bagi sebagian orang aplikasi tersebut kurang berguna sehingga Asus memilih untuk tak menyertakannya sebagai aplikasi bawaan di Zenfone generasi terbaru, padahal ada saatnya pengguna butuh fungsi smartphone di layar yang lebih besar seperti saat bermain game, menonton video streaming, atau sekadar membalas pesan BBM, Whatsapp, dan Line saat sedang bekerja.

ASUS PC Link merupakan salah satu aplikasi unik yang ada di smartphone ASUS, tentu sayang kalau sampai dihilangkan terutama buat saya yang sering ngeblog di laptop namun tak selalu terkoneksi dengan internet. Dengan ASUS PC Link saya bisa ngeblog di smartphone namun dengan kenyamanan yang setara dengan ngeblog di laptop.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE