Cara Mencuci Botol Susu yang Baik dan Benar

Bagi orang tua yang punya bayi atau balita dan masih menyusui menggunakan botol, wajib menjaga kebersihan botol susu agar tetap bersih dan steril.

Orang tua harus pintar-pintar menjaga kesehatan bayi yang merupakan anugerah Tuhan yang sangat berharga, tidak hanya memerhatikan kebersihan badan. Pekaian dan peralatan makan seperti botol susu pun kebersihannya harus diperhatikan.

Kondisi tubuh bayi yang rentan terhadap beragam penyakit khususnya dari bakteri yang berasal dari botol susu yang tidak dibersihkan dengan baik memang sering dialami oleh bayi, hal tersebut dapat dihindari jika para orang tua tahu cara mencuci botol susu yang benar.

Cucilah peralatan tersebut menggunakan sabun botol susu bayi yang aman seperti Sleek baby agar tetap higienis, namun terkadang tak sedikit orang tua yang teledor saat membersihkan botol susu bayi. Maka dari itu berikut ini ulasan tentang cara membersihkan botol susu yang benar, diantaranya:

  1. Hal pertama yang dilakukan sebelum mencuci botol susu adalah mencuci tangan anda menggunakan sabun hingga benar-benar bersih. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah penyebaran bakteri dari tangan anda ke botol susu nantinya.
  2. Selanjutnya lepaskan semua bagian botol dengan tujuan untuk mempermudah saat membersihkannya nanti. Dalam hal ini anda bisa langsung memberikan cairan pembersih pada botol dan gunakanlah sabun khusus untuk peralatan bayi.
  3. Kemudian lanjut kepembersihan yang dimulai pada bagian dasar botol dulu dengan menggunakan sikat yang berbulu halus disertai dengan gerakan memutar. Bersihkan juga bagian sisi-sisi botol dengan gerakan naik-turun, kemudian terakhir bersihkan bagian bibir botol. Jika perlu anda bisa menggunakan sikat gigi agar dapat menjangkau semua celah botol sehingga bersihnya maksimal. Selanjutnya bersihkan bagian dot dengan menggunakan sikat kecil agar dapat menjangkau seluruh bagian dot dan pastikan tidak ada bekas susu yang menempel di sana.
  4. Jika sudah selesai, saatnya membersihkan semua bagian botol susu dengan menggunakan air bersih hingga benar-benar bersih. Pastikan untuk menggunakan air yang mengalir saat membersihkannya dan jangan merendam botol susu saat mencucinya karena dapat menyebabkan kotoran menempel kembali di botol yang sudah dibersihkan.
  5. Dan selanjutnya sterilkan botol dengan cara mendidihkan air dalam panci kemudian matikan api lalu rendam botol ke dalamnya, diamkan selama lima belas menit. akan lebih bagus jika anda menggunakan air mineral sebagai air rebusannya. Setelah itu keringkan dan simpan di tempat yang kering dan bersih.

Itulah beberapa cara membersihkan botol susu yang baik dan benar. Untuk itu pilihlah sabun bayi anti iritasi sehingga aman digunakan untuk bayi.


Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE