Cara Cerdas Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Bagi sebagian orang memiliki mobil impian tentu merupakan sebuah kebanggaan, namun harga mobil baru yang terus merangkak naik membuat mobil bekas jadi pilihan yang cukup ideal.

Zaman sekarang kebutuhan terhadap moda transportasi mobil jadi sangat penting khususnya bagi masyarakat modern atau keluarga yang sering bepergian bersama ke berbagai tempat. Dengan mobil tentu pengguna akan lebih leluasa beraktivitas atau sekadar untuk berlibur bersama teman, kerabat, dan keluarga dengan jumlah barang bawaan serta orang yang lebih banyak pula.

Namun harga mobil baru yang dari tahun ke tahun semakin mahal membuat orang lebih memilih mobil bekas dengan kondisi yang tentu saja masih sangat baik. Harga mobil bekas 2016 yang semakin kompetitif dan dapat mendukung upaya penghematan bisa menjadi pilihan yang tepat, namun memilih mobil bekas dengan kondisi baik tentu bukan perkara mudah.

Berikut ini cara cerdas dan cermat memilih mobil bekas berkualitas untuk kebutuhan pribadi, agar pengguna bisa menekan biaya perawatan, pemeliharaan, dan lain lain.

Beli Di Tempat yang Terpercaya

Kita harus pastikan bahwa kita akan membeli mobil bekas di tempat yang terpercaya, kalau perlu mintalah testimoni dari teman atau keluarga yang pernah membeli mobil di tempat tersebut. Selain di showroom mobil yang punya reputasi baik, kita juga bisa memanfaatkan toko online yang menawarkan beragam jenis mobil sesuai dengan kebutuhan. Karena sekarang ini banyak marketplace mobil bekas yang menawarkan kemudahan transaksi sehingga kita tak perlu repot-repot membawa uang tunai.

Selain itu di toko online, kita juga bebas melihat-lihat dan mencermati spesifikasi mobil bekas yang kita incar sebelum memutuskan untuk membeli, hal itu tentu saja lebih efisien dibanding harus berpindah-pindah dari showroom mobil satu ke showroom mobil lainnya.

Perhatikan Kondisi Mesin

Ini yang paling penting, kondisi mesin mobil bekas tentu lebih terjamin jika kita membeli di tempat yang terpercaya karena ada nama baik yang dipertaruhkan di sana. Mesin merupakan bagian penting dari sebuah mobil, jadi pastikan mesin mobil tersebut masih prima dan tidak mengalami kerusakan yang serius.

Jika kita kurang paham tentang mesin mobil, sebaiknya ajaklah teman atau keluarga yang lebih mengerti tentang mesin mobil agar kita tak merasa dibodoh-bodohi oleh si penjual. Kondisi mesin mobil yang kurang prima atau kurang terawat tentu membuat kita harus merogoh dompet lebih dalam lagi dalam perawatan, dan mobil tersebut tak bisa digunakan secara maksimal untuk sehari-hari.

Perhatikan Juga Eksterior dan Interior

Penampilan luar dan dalam mobil juga patut menjadi pertimbangan ketika kita ingin membeli mobil bekas, perhatikan dengan seksama bagian eksterior dan interiornya. Bagian eksterior merupakan bagian yang rentan terhadap goresan, lecet, atau penyok. Tentu itu bisa mengurangi keindahan sebuah mobil.

Kenali ciri-ciri cat mobil yang mengelupas, ssstem kelistrikan mana saja yang tak berfungsi normal, dan ciri-ciri fisik lainnya yang bisa terlihat langsung oleh mata. Kalau kondisi eksterior dan interior mobil tersebut relatif baik maka kita pun bisa berhemat untuk urusan modifikasi karena mobil yang akan kita beli sudah siap pakai.

Lakukan Test Drive

Kadang sesuatu yang tak beres pada sebuah mobil bisa dirasakan ketika mobil itu bergerak atau saat sedang berjalan. Namanya juga mobil bekas pasti ada beberapa komponen yang menyusut kualitasnya, jadi sebaiknya kita tak langsung memutuskan untuk membeli mobil tersebut sebelum melakukan test drive.

Ya, test drive merupakan hal wajib bagi calon pembeli mobil bekas, idealnya test drive dilakukan minimal setengah jam sebab ada kerusakan komponen pada mobil yang baru terlihat jika mobil dioperasikan dalam waktu lama. Selama test drive kita akan dengan mudah mengindentifikasi komponen-komponen mobil yang bermasalah atau yang rentan mengalami kerusakan, sehingga kita bisa memperhitungkan biaya perbaikan kalau memang kerusakan itu masih dalam batas wajar.

Kelengkapan Surat-Surat

Semakin maraknya aksi pencurian mobil membuat kita harus ekstra waspada, khususnya pada mobil yang dijual murah namun tak memiliki surat-surat lengkap dan resmi alias mobil bodong. Perhatikan seluruh kelengkapan surat-surat mobil bekas yang ingin kita beli, mulai dari STNK, BPKB, faktur pembelian, asuransi jika mobil tersebut terdaftar sebagai peserta asuransi, dan jenis surat lainnya. Karena dengan keberadaan surat-surat yang resmi menandakan bahwa mobil bekas tersebut bukanlah produk illegal yang diperjualbelikan di bawah tangan.

*****

Sekarang saatnya anda memutuskan jenis mobil bekas seperti apa yang akan anda beli, sesuaikanlah dengan kebutuhan apakah untuk pribadi atau untuk keperluan kantor. Siapkan budget yang cukup agar anda bisa memdapatkan mobil bekas berkualitas dan sesuai ekspektasi, karena biasanya ada harga ada rupa. Jangan berharap mendapatkan mobil bekas berkualitas jika budget yang anda siapkan masih minim. Teliti sebelum membeli adalah kunci mendapatkan produk bekas yang bermutu.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE