Awal itu Harapan

Tahun 2013 telah berlalu dan menyisakan cerita kenangan yang tak lekang oleh waktu. Pengalaman setahun kemarin menjadi pelajaran yang berharga untuk dijadikan bahan bakar dalam mengarungi ombak dan gejolak yang akan terjadi di tahun ini, semoga harapan dan cita-cita yang telah terpatri dalam hati tak terhenti atau tenggelam di lautan mimpi. Banyak kisah dan peristiwa yang terjadi di tahun kemarin, sebagian adalah untaian cita-cita dan harapan yang telah terpanjatkan di tahun-tahun sebelumnya namun hingga kini belum terwujud menjadi nyata.

Tak ada kata menyerah dalam mewujudkan cita-cita, tak ada kata lelah dalam mengejar mimpi dan harapan meski jalan yang akan ditempuh adalah jalan hidup yang curam dan berliku. Permulaan cerita selalu tampak menyenangkan namun bersiaplah menghadapi gejolak dan gelombang problematika saat berada di pertengahan hingga akhir cerita. Sampai sejauh mana tekad ini akan bertahan, sampai sejauh mana langkah kaki ini akan melangkah dan sampai sejauh mana jiwa ini akan kuat menopang raga. Semua tergantung dari persiapan kita menghadapi awal tahun dan harapan yang menggunung.

Saya memulai memahat cerita hidup di tahun yang baru dengan mengutip sebagian kenangan masa lalu yang belum terwujud, bahkan permasalahan yang belum terselesaikan di tahun kemarin harus segera saya tuntaskan di awal tahun ini. Tentu merupakan pekerjaan berat dan menguras emosi serta pikiran hingga meredupkan semangat juang yang dulu berkobar. Raga ini membutuhkan asupan penyemangat yang tak kenal lelah, penyemangat yang tak pantang menyerah dan penyemangat yang tak mudah goyah pada apapun yang mendera.

Merajut rencana masa depan tentu membutuhkan persiapan yang gemilang, bukan kesigapan mental yang berselimut bimbang. Keinginan hati harus sejalan dengan langkah kaki, jangan sampai ragu dan penyesalan berjaya di akhir cerita. Awal tahun yang berat buat saya, disambut dengan laporan akhir tahun yang tak sesuai harapan. Siapa yang patut dipersalahkan mengingat apa yang saya kerjakan sudah sesuai dengan aturan dan kewenangan. Awal tahun yang menguras emosi dan pikiran, doa tak henti-hentinya terngiang semoga segera diberi jawaban oleh-Nya.

Awal adalah harapan, permulaan membutuhkan perencanaan ke depan. Apa yang harus dilakukan untuk mewujudkan harapan agar tak sekadar menjadi angan dalam khayal. Tuhan selalu membuka jalan pada manusia yang senantiasa berdoa, berusaha dan tak mengenal putus asa, namun di balik jalan itu ada rintangan yang siap menerjang. Jangan gentar dan menyerah pada cobaan Tuhan karena setiap usaha dan doa yang manusia lakukan akan dibalas dengan akhir cerita yang bahagia, yakinlah.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE