Akhirnya Link Tulisan Bisa di Share

medsos-finalBeberapa hari ini saya dipusingkan dengan link tulisan yang telah saya posting namun saat link tersebut di-share ke media sosial selalu bermasalah. Tak ada judul, gambar, dan deskripsi tulisan yang muncul, Yang ada hanya URL blog saja. Awalnya saya berpikir mungkin ada plugins di blog saya yang bermasalah atau setting medianya yang perlu di cek.

Atau jangan-jangan ada kode-kode editor theme blog saya yang harus dibenahi, setelah googling sana-sini saya berusaha mencari solusinya namun belum juga ketemu.

Saya pun harus berbagi link tulisan dengan cara manual yaitu dengan meng-copy URL yang ingin saya share di media sosial lalu memasukkan gambar dan beberapa kalimat deskripsi sebagai pengantar lalu meng-update-nya di media sosial. Tentu saja cara tersebut tak efisien dibanding sebelumnya yang hanya sekali klik dan semua poin-poin yang mendukung artikel tersebut muncul secara otomatis.

Facebook memiliki aplikasi khusus untuk mengecek URL apakah memenuhi syarat untuk di-share atau tidak, namanya Facebook Debugger yang bisa ditemukan pada Facebook for developers. Facebook Debugger atau biasa dikenal dengan facebook Open Graph merupakan kode-kode HTML yang sudah diatur dan ditentukan sesuai dengan standar Facebook.

Setiap themes blog yang memiliki fitur social media sharing dan mengaktifkannya, khusus media sosial Facebook akan secara otomatis membaca dan menganalisa semua informasi yang ada pada halaman blog yang ingin di-share termasuk judul, deskripsi, dan gambar artikel. Saat pemilik blog atau pembaca mengklik ikon Facebook maka Facebook Debugger akan membaca struktur halaman tersebut.

Jika Facebook Debugger dapat membaca struktur halaman sebuah link artikel atau tulisan melalui meta open graph maka link tersebut memenuhi syarat untuk di-share, namun bila Facebook Debugger tak mampu membacanya maka link yang akan di-share hanya akan menampilkan link utama sebuah blog. Untuk lebih jelasnya berikut ini gambar link artikel yang bisa dibagi ke media sosial Facebook dan yang tidak bisa dibagi.

facebook-edit1

Kode meta tag HTML yang bisa di baca Facebook Debugger

facebook-edit

Tampilan link artikel yang siap di share ke Facebook

facebook-debugger

Link postingan yang tak bisa di share ke Facebook dan hanya menampilkan link utama blog

Permasalahan yang saya alami adalah beberapa link tulisan yang telah saya posting tak bisa dibaca oleh Facebook Debugger seperti gambar di atas, hasil dari pencarian saya di Google untuk mengatasi masalah ini pun tak ada yang benar-benar bisa memberi solusi. Mulai dari mengganti themes blog hingga mengutak-atik themes editor yang berisi kode-kode HTML semuanya cara yang saya tempuh belum menemukan titik terang.

Tiba-tiba saya kepikiran untuk menanyakan permasalahan ini kepada penyedia layanan domain dan hosting yang saya pakai yakni Qwords, bisa dibilang ini menjadi jalan terakhir setelah beberapa hari ini saya belum juga menemukan penyelesaian dari masalah ini. Dengan bantuan support ticket yang menjadi salah satu layanan bantuan 24 jam bagi pelanggan Qwords, saya coba menjelaskan apa yang terjadi dengan blog saya.

Pihak Qwords pun memberi solusi agar akun hosting saya dipindahkan ke server lain dan proses migrasi tersebut membutuhkan waktu minimal empat jam. Berhubung waktu sudah menunjukkan pukul 11 malam akhirnya saya memutuskan untuk mengecek keesokan harinya.

Hasilnya, link postingan yang awalnya tak bisa di-share kini sudah kembali normal. Tautan artikel saya semua bisa dibaca oleh Facebook Debugger dan bisa dibagi ke media sosial dengan lengkap. Andai dari awal saya meminta bantuan Qwords mungkin saya tak perlu repot-repot membagi tautan secara manual.

Saya sangat puas menggunakan domain dan hosting dari Qwords untuk menunjang aktivitas ngeblog, kini sudah memasuki tahun ketiga hampir tak ada masalah berarti yang saya alami dengan blog saya. Semoga Qwords terus mempertahankan dan semakin meningkatkan kualitas layanannya agar tetap menjadi yang terdepan sebagai penyedia layanan domain dan hosting terbaik.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE