Akhir Cerita De Boer Dan Kesabaran Yang Luntur

543614_620

Frank de Boer

Usai sudah perjalan pria asal Belanda itu sebagai pelatih Inter yang hanya mendampingi skuat Biru Hitam selama tiga bulan, di bawah arahan De Boer Inter telah melakoni 14 pertandingan kompetitif. Hasilnya pun sangat mengecewakan, Inter hanya menang lima kali, imbang dua kali, dan kalah tujuh kali. Untuk tim sekelas Inter memulai musim dengan hasil minor tersebut tentu bukanlah sebuah kebanggaan.

Melalui laman resminya pada Selasa (1/11/2016) waktu setempat Inter mengonfirmasi bahwa Frank De Boer telah dibebastugaskan dari jabatannya sebagai pelatih kapala La Beneamata, dan Stefano Vecchi untuk sementara ditunjuk sebagai caretaker yang akan mendampingin Mauro Icardi dan kawan-kawan kala menghadapi Southampton di Liga Europa.

Usia kepelatihan mantan pelatih Ajax Amsterdam tersebut memang singkat sejak resmi diperkenalkan sebagai suksesor Roberto Mancini pada 9 Agustus lalu yang juga dipecat, apalagi kalau bukan kegagalan Mancio membawa Inter bersaing di jalur scudetto dan membuat petinggi klub seolah kehabisan kesabaran.

Surat PHK pun segera dialamatkan kepada pelatih-pelatih yang dianggap gagal mengangkat performa tim, dan dalam enam musim terakhir ini Inter seolah punya senjata andalan yakni surat pemecatan yang menurut para petinggi klub hal tersebut mampu membawa mereka segera keluar dari situasi sulit. Meski dalam praktiknya Inter masih belum bisa move on dari hasil-hasil buruk sejak merengkuh sukses dengan raihan treble winner pada 2010 lalu.

Yang terbaru adalah nasib Frank De Boer kini mengkuti jejak Roberto Mancini, Walter Mazzari, Andrea Stramaccioni, Claudio Ranieri, Gian Piero Gasperini, Rafael Benitez yang semuanya berakhir dengan pemecatan karena kinerjanya dianggap tak sesuai dengan ekspektasi klub. Bahkan beberapa diantaranya hanya melatih Inter dalam durasi yang sangat singkat.

edit12

Deretan eks pelatih Inter

Hingga kini Inter sudah mengganti delapan pelatih hanya dalam kurun waktu enam tahun, tentu bukanlah sesuatu yang ideal untuk sebuah tim besar yang menginginkan gelar juara sebagai target akhir musim. Bandingkan dengan tim-tim besar dan mapan lainnya yang lebih mempercayakan nasib tim hanya pada satu pelatih dalam jangka waktu yang lama, sehingga sang pelatih tahu benar apa yang dibutuhkan oleh sebuah tim untuk sukses.

Andaipun pelatih tersebut belum mampu memberi hasil yang maksimal dan berwujud titel juara namun setidaknya konsistensi permainan dan mental bertanding yang positif tetap terjaga dalam setiap laga yang dilakoni, dan sebuah tim yang dipimpin pelatih yang sudah sangat mengenal karakter pemain dan gaya permainan akan memiliki syarat penting untuk kemajuan tim di masa yang akan datang.

Pemecatan De Boer seolah mencerminkan ketidaksabaran Inter ketika ingin membangun kembali singgasana kejayaan yang dulu pernah mereka rasakan, puncak kesuksesan sebagai tim besar yang hanya dirasakan oleh segelintir tim sepakbola yang ada di jagat raya. Apalagi kalau bukan kisah treble winner mereka yang berhasil menyandingkan scudetto, Coppa Italia, dan Liga Champion dalam satu musim.

Inter kini mengalami masa-masa sulit dan pelik, usaha untuk bangkit dan membangun kembali masa kesuksesan yang pernah diraih tentu tak mudah. Nerazzurri yang sudah enam musim puasa gelar baik di level domestik terlebih lagi di level Eropa tentu tak ingin larut dalam keterpurukan, dan sebagai tim yang punya riwayat kesuksesan yang cukup cemerlang di masa lalu tentu ada kerinduan untuk mengulang dan merasakannya kembali.

Kehadiran suksesor Frank De Boer yang sekarang masih menjadi misteri tersebut diharapkan mampu mewujudkan mimpi Inter yang sudah cukup lama tak merasakan euforia sebuah pesta juara. Kepergian De Boer seharusnya tak membuat semangat juang para penggawa La Beneamata kendur, dan kesabaran petinggi klub untuk menanti proses kebangkitan Inter ikutan luntur. Semangat dan kesabaran itu justru harus semakin membumbung tinggi seperti tingginya antusias fans setia mereka yang tak pernah lelah berteriak Forza Inter.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE