Ahok, Barca, Dan Xiaomi Mi 6

Beberapa peristiwa yang terjadi dalam pekan ini cukup menyita perhatian publik, yang mana lebih menarik?

Pilkada DKI Jakarta memasuki tahap akhir dari beberapa rangkaian proses pemilihan pilgub di ibu kota tercinta ini dan cukup ramai diperbincangkan, tak hanya di sekitaran kota Jakarta bahkan masyarakat yang tinggal di luar Jakarta pun membawa aura pilgub DKI ke kehidupan sehari-hari. Entah itu di obrolan warung kopi, tempat kerja, hingga warung makan.

Magnet Jakarta memang luar biasa, apa yang terjadi di sana dan diberitakan secara masif oleh media-media cetak, elektronik, sehingga online membuat masyarakat yang bukan warga Jakarta sekalipun jadi ikut-ikutan riuh. Seperti pagi ini saat mama bertanya “jadi siapa yang menang?” Saya sontak menjawab “Anies”.

Sebelumnya klub raksasa Bercelona dirundung duka kala tersingkir dari kompetisi elit benua Biru yakni Liga Champions, Lionel Messi dan kawan-kawan tak mampu membalas defisit empat gol dari Juventus yang pada leg pertama sukses membenamkan Blaugrana 3-0.

Sedangkan di tempat lain, tepatnya di Beijing, Tiongkok brand Xiaomi meluncurkan smartphone high end-nya yang diberi nama Xiaomi Mi 6. Event tersebut cukup mendapat perhatian dari pencinta gadget khususnya di Indonesia, berbekal desain, spesifikasi, dan fitur yang diusungnya. Mi 6 digadang-gadang jadi penantang serius Samsung Galaxy S8.

Ahok Sosok Pemimpin Masa Depan

Saya cukup menyimak perkembangan Pilkada DKI, meski tak intens namun saya banyak tahu tentang strategi pendukung setiap paslon untuk memenangkan kandidat yang diusung. Seperti halnya di daerah-daerah lain, masa pilkada jadi masa yang rentan dengan beragam polemik, kisruh, serta drama, dan tentu saja ada yang diuntungkan dan dirugikan dengan kejadian tersebut.

Namun Jakarta sebagai pusat pemerintahan punya cerita lain tak hanya soal pilkada, bahkan kasus pembunuhan Mirna Salihin akibat minuman yang mengandung sianida pun bisa jadi perhatian publik se-tanah air karena terjadi di Jakarta. Media-media berlomba-lomba memberitakannya bahkan sidangnya sampai disiarkan langsung, seolah menegaskan kasus tersebut bukanlah kasus biasa. Sebelumnya publik mana tahu siapa itu Mirna Salihin atau Jessica Kumala Wongso.

Kembali ke pilkada DKI. Pemilihan Gubernur DKI Jakarta putaran kedua sudah berlangsung kemarin, dan membawa pasangan Anies-Sandi unggul atas pasangan Ahok-Djarot versi quick count beberapa lembaga survei. Meski kalah, kubu Ahok tetap menerimanya dengan lapang dada. Bahkan Ahok mengatakan akan terus bekerja secara profesional melunasi janji-janjinya dulu hingga masa jabatannya berakhir pada Oktober 2017 nanti.

Meski gagal melanjutkan kepemimpinannya, setidaknya Ahok cukup berhasil mengubah wajah Jakarta. Salah satunya memermak Kalijodo, pembangunan rusun untuk warga yang kurang mampu, dan masih banyak lagi program-program mantan Bupati Belitung Timur itu yang hingga saat ini masih dinikmati oleh warga Jakarta. Karakternya yang blak-blakan dan temperamental membuatnya jadi sosok pemimpin yang penuh kontroversi, ada pro dan kontra namun secara keseluruhan Jakarta di bawah kepemimpinannya bisa menjelma sebagai kota yang lebih baik.

Barca Dan Sihir yang Gagal

Bercelona harus melupakan mimpi maju ke babak semifinal Liga Champions setelah di babak perempatfinal dikandaskan Juventus dengan skor agregat 3-0. Mungkin banyak yang optimis jika Blaugrana mampu membalas kekalahan 0-3 saat bertandang ke Juventus Stadium, berkaca dari comeback luar biasa Messi dan kawan-kawan di babak 16 besar saat kalah 0-4 dari Paris-Saint Germain di leg pertama. Dan Di leg kedua Barca mampu tampil trengginas dan memberondong PSG dengan 6 gol dan hanya kebobolan satu, sepertinya laga kontra Juve tampak tak mustahil bagi Barca.

Meski kemenangan Barca diwarnai protes atas kinerja wasit yang dianggap menguntungkan tuan rumah, namu anak asuh Luis Enrique tetap melenggang ke babak perempatfinal sebelum akhirnya dihentikan Juventus. Saat laga kontra Juve, Barca memang mengandalikan permainan, lebih banyak menekan, dan lebih sering menyerang tapi hingga peluit panjang berbunyi, tak ada sebiji gol pun yang tercipta.

Sebelum pertandingan Luis Enrique sesumbar pemainnya bisa mencetak lima gol, hal yang sama ia lakukan saat leg kedua babak 16 besar kala bersua PSG. Ketika itu pelatih berusia 46 tahun itu memprediksi pasukannya bisa mencetak enam gol, benar saja keajaiban menghampiri kubu Blaugrana yang saat itu sukses melumat PSG 6-1. Dengan agregat 6-5 Barca sukses melaju ke perempatfinal.

Namun di babak perempatfinal Barca gagal mengulang keajaiban seperti yang mereka peragakan saat berjumpa PSG, sihir mereka gagal. Penyerang-penyerang tangguh semisal Messi, Neymar, hingga Luis Suarez gagal menembus pertahanan berlapis Si Nyonya Tua. Alhasil skor imbang 0-0 sudah cukup membawa Juve melaju ke babak semifinal sekaligus mematahkan berbagai rekor yang diukir Barca saat berlaga di Camp Nou.

Welcome Xiaomi Mi 6

Brand Xiaomi terkenal dengan produk-produknya yang canggih namun dibanderol dengan harga yang murah. Khusus di lini smartphone, Xiaomi menjadi penantang serius buat brand-brand besar macam Samsung, Apple, Huawei, Lenovo, Asus, untuk melahirkan perangkat telepon pintar yang banyak diminati oleh pengguna masa kini.

Baru-baru ini Xiaomi meluncurkan Mi 6 yang merupakan suksesor Mi 5 yang cukup sukses di pasaran. Berbekal desain mewah, penggunaan prosesor terbaru, hingga kualitas kamera yang lebih mumpuni membuat Xiaomi Mi 6 menjadi smartphone terkini yang cukup menyita perhatian.

Sekilas tentang peluncuran Xiaomi Mi 6, acara yang berlangsung di Beijing, Tiongkok tersebut berlangsung meriah dan dihadiri ratusan Mi Fans serta awak media dari berbagai Negara. Berprosesor Snapdragon 835 dengan manufaktur 10nm menjadikan Xiaomi Mi 6 sebagai smartphone pertama yang menggunakannya. Selain itu RAM 6 GB yang ditandem dengan memori internal 64 GB membuat aktivitas multitasking dan menjalankan beragam aplikasi, game, dan video jadi lebih menyenangkan.

Kamera Xiaomi Mi 6 sudah dilengkapi dual camera seperti smartphone-smartphone premium masa kini, kedua kamera utamanya memiliki resolusi 12 megapiksel dengan optical zoom. Tak hanya itu, smartphone berukuran 5,15 inci berbahan metal itu tahan terhadap percikan air meski belum setangguh seri A 2017 Samsung yang anti air dan bisa diajak berendam.

Penjualan Xiaomi Mi 6 akan dimulai tanggal 28 April mendatang dan dibanderol 2,499 Yuan atau sekitar 5 juta rupiah untuk varian RAM 6 GB dan internal 64 GB. Sedangkan untuk RAM 6 GB dan internal 128 GB dihargai 2,899 Yuan atau 5,8 juta rupiah, lalu untuk varian ceramic Xiaomi Mi6 dijual lebih mahal yakni 2,999 Yuan atau hampir 6 juta rupiah.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE