Admire without Desiring

“The secret of happiness is to admire without desiring.” Carl Sandburg. Sebuah kutipan yang memiliki makna mendalam bagi siapa saja yang kagum pada seseorang tanpa harus menginginkannya. Banyak hal yang bisa membuat kita kagum pada seseorang, entah itu karena prestasinya di sekolah, karena karirnya di suatu perusahaan atau karena kepribadiannya yang menyenangkan atau apa saja yang ada dalam diri orang itu yang bisa membuatnya layak untuk dikagumi.

Manusia adalah makhluk sosial, hal yang manusiawi jika tiap manusia ingin dikagumi namun untuk membuat orang lain kagum tentu kita harus punya nilai lebih dibanding orang lain. Mengeksploitasi kelebihan yang kita miliki adalah salah satu cara, kenalilah kelebihan yang kita miliki. Bakat dan kemampuan dalam diri yang kadang belum tergali dengan maksimal sebaiknya kita maksimalkan atau berusaha untuk memanfaatkan kelebihan kita jika sudah tahu apa yang menjadi daya tarik kita.

Namun tidak semua orang bisa memaksimalkan kelebihan yang mereka miliki, orang lebih suka mengagumi orang lain tanpa pernah menyadari bahwa diri kita pun layak untuk dikagumi. Tak salah memang kalau kita mengagumi seseorang, itu artinya ada sesuatu pada diri orang itu yang tidak kita miliki hingga membuat kita kagum. Namun hendaknya kekaguman itu bisa menjadikan kita lebih banyak belajar tentang apa yang ada dalam diri kita, karena Tuhan menciptakan manusia dengan kelebihannya masing-masing.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE