10 Pantai Rahasia di Kawasan Tengah Dan Timur Indonesia

Bonepantai-20140101-00594

Pantai Botutonuo

Indonesia terkenal dengan sebutan negara maritim, luas lautan yang ada di Indonesia kurang lebih 93.000 kilometer persegi hampir mencapai 70 persen jika dibandingkan dengan luas daratan. Jadi tak heran kalau Indonesia juga terkenal dengan beragam pantai yang indah dan menawan, hampir setiap daerah memiliki tempat wisata berupa pantai bahkan ada yang menjelma menjadi ikon suatu daerah karena keeksotisan dan kekhasan yang dimilikinya.

Namun tak sedikit juga pantai-pantai di Indonesia yang masih belum terekspos ke publik dan belum dikelola dengan baik sehingga aura keindahannya belum mampu menarik perhatian wisatawan, khususnya yang berada di kawasan tengah dan timur Indonesia. Padahal bagian tengah dan timur Indonesia terdapat banyak tempat-tempat wisata yang alami dan belum terkontaminasi oleh perkembangan industri yang kadang merusak ekosistem alam. Berikut 10 pantai rahasia yang ada di kawasan tengah dan timur Indonesia, mungkin bisa menjadi tujuan wisata anda bersama keluarga.

1. Pantai Matandik
Terletak di sebelah barat pulau Salibabu, tepatnya di desa Dalum kecamatan Salibabu, Sulawesi Utara. Tak banyak yang tahu jika pantai Matandik merupakan destinasi wisata bahari yang tak kalah keren dibanding Bunaken yang memang lebih tersohor, namun bagi anda yang menganggap Taman Nasional Bunaken terlalu mainstream ketika berkunjung ke Manado maka pantai Matandik bisa menjadi alternatif yang menarik.

Pantai berpasir putih dan hamparan bebatuan di tepi pantai hadirkan pemandangan alami bagi siapa saja yang melihatnya, beberapa perahu nelayan yang terparkir menandakan jika pantai tersebut juga digunakan oleh masyarakat sekitar untuk melaut. Masih di pesisir pantai, terlihat sebuah batu besar yang ditumbuhi beberapa pohon kecil di bagian atasnya, oleh masyarakat sekitar menyebutnya Batu Matandik.

2. Pantai Botutonuo

edit1

Salah satu view pantai Boatutonuo

Provinsi Gorontalo juga memiliki pantai rahasia yang keindahannya sangat memanjakan mata. Terletak di desa Botutonuo hanya butuh waktu 20 menit dari kota Gorontalo untuk bisa sampai ke sana, akses jalannya pun sudah beraspal sehingga pengunjung dapat menikmati perjalanan dengan nyaman. Pantai Botutonuo menyajikan pemandanga laut yang berbeda, berpasir kecoklatan dan dipenuhi batu kerikil pengunjung akan disuguhkan pemandangan bawah laut yang menawan. Air lautnya jernih dan bersih membuat siapa saja pasti tergoda untuk menceburkan diri.

Di tepi pantai berjejer gubuk-gubuk kayu sebagai tempat untuk berteduh dan beristirahat, pengunjung juga dapat memesan makanan dan minuman kala lapar dan haus melanda. Bagi pengunjung yang tak ingin berbasah-basah, mengelilingi pantai Botutonuo menggunakan perahu motor yang diselingi dengan iringan musik merupakan cara lain menikmati pemandangannya yang eksotis. Pantai Botutonuo juga menjadi tempat ideal untuk menikmati sunset sembari menyantap masakan khas Gorontalo seperti ikan woku atau ikan kuah asam, tentunya menjadikan perjalanan wisata anda semakin berkesan.

3. Pantai Harlem
Bumi Papua dilimpahi aneka pesona alam yang asri, alami dan menyejukkan hati. Raja Ampat buktinya, kepulauan yang terletak di Jayapura tersebut merupakan destinasi wisata paling populer di kalangan traveler lokal maupun internasional. Apakah cuma Raja Ampat tempat wisata bahari yang tersohor di pulau Mutiara Hitam? jawabnya banyak. Namun sebagian belum dipoles sehingga belum menarik perhatian para wisatawan. Pantai Harlem merupakan salah satu pantai terselubung yang ada di Jayapura, terletak di kampung Tablanusu, Depapre pengunjung akan disuguhi panorama pantai bak lukisan alam.

Pasir putih halus menyambut di bibir pantai, ikan dan biota laut menyapa dari dalam laut yang terlihat jelas meski tak sebanding dengan terumbu karang yang jumlahnya lebih sedikit hal itu tak mengurangi keindahan pantai Harlem. Garis pantai sepanjang 700 meter dihiasi banyak pohon kelapa dan sagu serta fasilitas pondokan yang dilengkapi kamar mandi sebagai tempat mengusir lelah. Bagi pengunjung yang senang diving atau snorkeling, pantai Harlem menyajikan pemandangan bawah laut yang menawan, nampak terawat dan terlihat alami mungkin karena tempatnya yang memang masih tersembunyi.

4. Pantai Ora
Maluku sepertinya ditakdirkan sebagai surganya para wisatawan yang menyukai pemandangan laut. Pantai Ora bisa menjadi reverensi bagi wisatawan yang gemar dengan hal-hal yang berbau laut, pantai yang terletak di Taman Nasional Manusela pulau Seram, Maluku Utara tersebut memberikan pengalaman unik dalam menikmati keindahan laut. Selain panorama bawah lauh yang menawan seperti menerawang ke dalam aquarium raksasa, pengunjung juga bisa memanfaatkan fasilitas penginapan yang unik berupa resort bernama Ora Beach Resort yang memiliki enam buah cottage.

Yang unik dari cottage tersebut, letaknya yang berada persis di atas laut sehingga membuatnya seperti mengapung, atapnya beralas jerami sehingga suasana nyaman segera menyelimuti para penghuni kamar. Jadi bisa anda bayangkan ketika sedang berbaring sambil mendengarkan suara deburan ombak, saat ingin merasakan keindahan bewah lautnya cukup berdiri di depan kamar maka pemandangan ikan berlarian, terumbu karang serta koral yang berwarna warni seketika saja terhampar di depan mata.

5. Pantai Taipa
Pantai yang terletak di Kabupaten Konawe Utara, Selawesi Tenggara merupakan pantai pasir putih yang belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Pantai yang berada di balik bukit Karang Hitam ini masih sangat alami, hamparan batu karang raksasa membuat pemandangan di pesisir pantai terlihat lebih tegas dan sangat indah jika diabadikan dalam bentuk foto. Pengunjung dapat berjalan di sela-sela batu karang tersebut namun tentu saja dengan tingkat kewaspadaan tinggi mengingat batu karang yang ada di Pantai Taipa dibeberapa bagiannya bertekstur tajam.

Air lautnya yang jernih membuat binatang laut terlihat jelas, bintang laut dan bulu babi merupakan beberapa spesies penghuni dasar laut pantai Taipa. Melakukan aktivitas snorkeling tentu sangatlah menyenangkan namun sekali lagi anda harus ekstra hati-hati dengan batu karang yang dihuni bulu babi.

Di Pantai Taipa juga terdapat gazebo-gazebo yang bisa disewa, bercengkerama bersama keluarga sembari menyantap aneka jenis seafood tentu sangatlah menyenangkan. Jika anda tak punya waktu untuk memasak, penjaja makanan dan minuman ada di belakang gazebo tersebut. Pantai Taipa merupakan pantai yang belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan jadi tak heran jika pantai yang tepinya berjejer kebun mangga itu masih sangat asri dan alami.

6. Pantai Koka
Nusa Tenggara Timur memiliki pantai yang sangat indah dan mempesona, pantai Koka yang berada di desa Wolowiro, kecamatan Paga, kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur belum banyak diketahui banyak orang namun memiliki pemandangan pesisir pantai yang luar biasa indah. Air laut yang jernih berwana biru toska dipadu dengan pasir putih serta hijaunya buki-bukit yang mengelilinginya merupakan kombinasi yang dahsyat.

Untuk mencapai pantai Koka diperlukan usaha yang gigih, jarak yang harus ditempuh sekitar 42 km dari kota Maumere melewati jalan yang berbatu dan rusak namun semua rasa lelah akan sirna ketika sampai di Pantai Koka. Ibarat surga yang tersembunyi di tanah NTT, suasana damai dan tenang seketika menyeruak sesaat tiba di sana. Pantai yang belum terjamah oleh tangan-tangan jahil manusia membuat pantai Koke tetap terjaga keasrian dan keindahannya.

7. Pantai Enu
Tak banyak yang tahu jika kota Palu memiliki beragam pantai rahasia yang indah dan mempesona. Pantai Enu salah satunya, terletak di Sindue, Donggala, Sulawesi Tengah. Pantai yang berjarak sekitar 40 km dari kota Palu tersebut merupakan aset potensial yang jika dikelola dengan maksimal tentu akan menarik perhatian para wisatawan. Pantai Enu menawarkan keindahan Selat Sulawesi, selat yang membentang dan membelah pulau Sulawesi dan Kalimantan.

Ciri khas Pantai Enu adalah memiliki taman laut yang indah, beragam jenis koral tempat bersembunyi ikan dan hewan laut lainnya. Untuk menikmati pemandangan bawah lautnya, disediakan peralatan snorkeling dan diving yang bisa disewa oleh pengunjung. So, bagi anda yang berada di sekitaran Kota Palu atau anda yang ingin menikmati suasana pantai nan eksotis pantai Enu bisa menjadi salah satu pilihan.

8. Pantai Appalarang
Selain Tanjung Bira yang sudah populer bagi kalangan wisatawan, Bulukumba juga memiliki destinasi wisata pantai yang tak kalah indah dibanding Tanjung Bira. Pantai Appalarang namanya, pantai tersebut terlihat unik karena tak memiliki pesisir seperti halnya Tanjung Bira yang punya pasir putih di tepiannya. Air lautnya jernih kebiruan dikelilingi tebing-tebing karang yang menjulang kokoh semakin membuat mata betah berlama-lama menatapnya.

Pantai Appalarang terletak di desa Ara, kecamatan Bontobahari, kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan dibutuhkan waktu sekitar 4-5 jam dari kota Makassar. Pantai yang cukup terpencil ini membuatnya tak seramai Tanjung Bira ketika libur atau akhir pekan tiba namun bagi anda yang ingin merasakan sensasi berenang di tepian tebing, maka pantai Appalaranglah tempatnya.

9. Pantai Sungkun
Pantai yang biasa disebut pantai kura-kura ini terletak di Lombok Timur, untuk mencapainya kurang lebih dua jam dari kota Mataram. Musim hujan menjadi waktu yang tepat berkunjung ke sana karena rumput hujau tumbuh subur di sepanjang tepi pantai membuat pemandangan lebih sejuk dan menyegarkan. Air lautnya hangat dan bersih serta ombaknya tak terlalu besar sehingga menggoda siapa saja untuk berenang dan merasakan kehangatan pantai Sungkun.

Tak jauh dari pesisir pantai terdapat tebing yang terletak di sebelah utara, ketika sore tiba pengunjung dapat melihat monyet-monyet yang berada di atas tebing. Tebing tersebut bisa anda daki dan pemandangan pantai Sungku lebih eksotis dan mempesona jika dinikmati dari atas tebing.

10. Pantai Akkarena

130320101930

Pantai Akkarena

Makassar bukan hanya pantai Losari, pantai yang sudah sangat populer di kalangan wisatawan domestik dan luar negeri. Ada Pantai Akkarena yang letaknya tak jauh dari pusat kota Makassar menyajikan pemandangan laut yang lebih menawan dan lebih nyaman dibanding pantai Losari. Fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap, mulai dari penginapan, restoran, arena bermain outdoor, serta olahraga air seperti, jetsky, flying fish, banana boat dan masih banyak lagi.

Pantai Akkarena juga menjadi tempat favorit untuk menikmati sunset, kala sore menjelang dan cuaca cerah banyak pengunjung yang datang hanya untuk melihat sunset yang kemilau. Ditemani makanan khas Makassar berupa pisang epe menjadikan liburan akhir pekan lebih berkesan dan menyenangkan.

Tulisan ini diikutsertakan dalam rangka blog competition yang diadakan oleh #TravelNBlog

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE